Peran dan Kepribadian Pelatih

Gelar "coach" atau "pelatih" adalah gelar atau sebutan yang memancarkan rasa hormat, respek, status, tanggung jawab. Gelar coach seringkali bisa berlanjut meskipun tugas sebagai pelatih sudah usai. Sekali kita coach, selamanya kita adalah coach bagi atlet kita, bagi rekan, bagi masyarakat.

Atlet menganggap bahwa seorang pelatih adalah ahli dalam segala hal dan pandai memainkan berbagai peran. Dan banyak atlet yang ingin sepertinya kalau dia kelak sebagai pelatih. Meskipun ada juga yang tidak, dan bersumpah tidak akan berbuat seperti pelatihnya dulu. Akan tetapi apa yang diperolehnya dari pelatih akan senantiasa membekas pada atlet.

Di atas telah diuraikan bahwa tugas seorang pelatih adalah jauh lebih luas dari sekedar di lapangan saja. Dia juga adalah seorang guru, pendidik, bapak, dan teman sejati. Sebagai guru dia disegani, sebagai bapak dia dicintai, sebagai teman sejati hanyalah yang dipercaya dan merupakan tempat untuk mencurahkan hati. Seorang pelatih adalah senantiasa seorang pendidik, seorang guru; akan tetapi seorang guru belum tentu seorang pelatih. Seorang coach mencerminkan manusia yang bagaimana yang tumbuh dan berkembang di bawah asuhannya.

Banyak lagi tugas serta peran yang harus dilakukan dan dimainkan oleh seorang coach. Dan sukses tidaknya tugas dan peran tersebut banyak tergantung dari sifat dan perangai kepribadian yang dipancarkan olehnya.

Di bawah ini ada beberapah tugas utama, peran dan kepribadian pelatih, termasuk kode etik yang perlu dperhatikan oleh para pelatih.

1. Perilaku
2. Kepemimpinan
3. Sikap sportif
4. Pengetahuan dan keterampilan
5. Keseimbangan emosional.
6. Imajinasi
7. Ketegasan dan keberanian
8. Humor
9. Kesehatan
10. Administrator
11. Pendewasaan anak
12. Kegembiraan berlatih
13. Hargai wasit
14. Hargai tim tamu
15. Perhatian pribadi
16. Berpikir positif
17. Larang judi
18. Berbahasa yang baik dan benar
19. Mengisyukan orang
20. Menggunakan wewenang
21. Siap mental
22. Hubungan dengan para asisten pelatih

0 komentar:

Poskan Komentar

Pelatih

Foto Saya
Berikanlah Kata Terbaik Dalam Hidup

Filosofi


"Jika Kami Menang hari Senin nanti, keesokan hari adalah Selasa. Dan Jika Kami Kalah hari Senin, hari berikutnya juga Selasa" JS


FUTSAL

FUTSAL
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Kepelatihan

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger