Teknik Spesial Kiper Futsal

TIPS PENALTY

Membaca Penendang
1.Perhatikan mata penendang,
biasanya mata mereka sekilas menuju arah yang dia inginkan.
2.Perhatikan Ancang2
tiang jauh atau tengah-tengah?ancang2 menendang jauh biasanya panjang, sedangkan ancang2 pendek sebaliknya.
3.perhatikan pantat dan kaki2 lawan, biasanya ada petunjuk lebih condong kemana ketika menetukan arah bola.
4.Perhatikan kepala
jika kepala menunduk dengan ancang2 kuat biasanya mengarah pada arah ujung kaki.jika kepala tegak dan menatap pada arah gawang, berarti dia menendang pada sudut yang berlawanan.

jangan bereaksi terlalu cepat, gunakan petunjuk2 diatas untuk membaca bola.tunggu sepersekian detik untuk memperhatikan tanda2 tsb muncul.
kadang kiper hanya membaca arah mata,padahal pantat dan kaki menunjukkan sebaliknya.

Quote:
Kebiasaaan Penendang

Penelitian pada Penalty 1998 World Cup menunjukkan hampir 70% penendang pinalti menendang berlawanan dari arah kaki dominan mereka (dominan kanan menendang ke kiri,etc) karena putaran badan ke kaki lebih stabil dibandingkan sebaliknya yg dapat m This is the natural swing of the foot across the body; it is difficult to enyebabkan tendangan melenceng jauh.

1.dive in:
menebak arah bola rendah dengan menjatuhkan diri

2.rushing:
ketika bola ditendang , kiper maju menyambut bola

3.standground:
tetap digaris goal dengan sikap shot stopping
tips sebelum penalty:
Posisi Penalti
Mungkin aku teringat Santiago Canizares ketika Valencia VS Muenchen Final LC tahun 2000an
Dia mendeterminasi penendang dgn cara didekati(kayak 2 petinju mau tanding) kalo lo punya muka sangar bisa dicoba...atau tiap kali bola ditaruh di titik pinalti diubah/protes aja, bilang aja geser,ga pass. mungkin konsennya terganggu.
Kemudian Tangan Direntangkan agar seolah2 menutupi gawang(kalo kamu punya badan besar).

Taktik One On One di Futsal:

Kapan waktu yang tepat bergerak/bereaksi?
timingnya akan lebih mudah jika positioning kita sudah tepat,kadang2 kita kasper bertanya pada diri kita sendiri, kapan waktu yg tepat?seharusnya bgm teknik one on one saya yg tepat untuk digunakan... berlaku untuk semua situasi.

adapun hal-hal yang dapat diperhatikan adalah:
1.jumlah dan lokasi defender kita di area penalty
2.jumlah dan lokasi penyerang lawan di area penalty


dari pengalaman nubie, moment ketika pnyerang merasa mendapat ruang, saat itu kita memutuskan dengan mantab dan percaya diri.untuk menggunakan teknik apa,dan jangan sampai ragu2 yang menyebabkan salah langkah/ posisi mati kutu:

Rushing:
when
one on one dan ada jarak cukup untuk rushing didalam penalty area

Closing/Pressing:
when
how
posisi M dan mendekati lawan dengan perlahan dan beraksi ketika bola telah ditendang

Intercept:
when
di CA lwn, dengan minim pemain rekan di daerah pertahanan
how
menebak dan mengganggu arah laju bola ketika passing atau dashing oleh pemain lawan

Dragon bait:
kayak casiials one on one dg robben ketika di wc 2010, casilla pura2 tertipu kekanan padahal kakinya memblok bola dari robben

shoot my bellow:

when
berhadapan dengan bukan powerfull shotter
how
dengan sikap m mendeat perlahan dan membiarkan kolong kaki terbuka lebar, tetapi tangan sudah disiapkan dibalik punggung untuk menutup ketika bola di shoot

come to papa:
when
ada jarak untuk rushing
how
menyerahkan badan untuk di mempersempit dan memblok tendangan

Tips Corner:
Tips Corner:

1.Posisikan kiper di tiang dekat.posisi condong ke arah datangnya bola.memudahkan untuk memotong bola dan mengantisipasi bola rendah yang kiper sulit untuk memotong.
Untuk bola yang diarahkan ketiang jauh,ikuti alur gerakan bola, potong atau biarkan atau bersiap untuk tembakan dari sisi jauh.komunikasikan pada defender untuk wajib mengkover area ini.sama seperti defender tiang dekat.nubie lebih sering menjaga tiang dekat daripada tiang jauh

2.Langkah terakhir yang lebar. ketika kiper "takeoff" untuk merebut bola atas, diperlukan daya pegas dari langkah yang lebar(bukan berarti ancang2 yang panjang). dari langkah terakhir mereka untuk loncat setinggi2nya. contoh langkah lebar adalah ketika langkah akhir para atlet lompat galah/lompat jauh
kemudian mempunyai 2 pilihan jika ingin memotong bola:

2 pilihan:
a.meninju
+jangakuan lebih tinggi
-jika kekuatan kurang,bola bisa jatuh didekat lawan.

b.menangkap
+bola lebih aman
-jangkauan ketinggian kurang

FreeKick Dalam Futsal:

membentuk pagar/tembok pertahanan
1.komunikasikan agar salah satu pemain mengambil bola agar tidak terjadi quick restart/freekick yg pemain kita belum siap
2.salah satu pemain harus mempunyai peran dari awal sbg "anchor" yaitu pemain ter-ujung/terluar/terjauh dari kiper atau tiang dekat dari area freekick, mereka harus mengangkat tangan dan melakukan kontak mata dengan kiper
3.kiper menjaga area tembakan yang tidak terkover pagar
4.pilih skema pertahanan dibawah,semakin extreme sudutnya semakin kecil temboknya

1.man to man mark
what
masing-masing pemain menjaga 1 orang pemain lawan,
pemain yang tersisa membentuk pagar

when
ketika indirect freekick dilakukan
summary
+ dapat mempress lawan jika ingin membangun serangan dari freekick
- jika tendangan pemain lawan keras, menyentuh sedikit saja pemain dan masuk ke gawang dinyatakan goal

2.greatwall
what
semua pemain termasuk kiper membentuk pagar

when
ketika indirect freekick pada garis daerah penalty atau direct freekick
summary
+jika tendangan pemain lawan keras dan ditujukan langsung ke gawang,
wall ini cukup efektif
-pemain lawan lain tidak terjaga

3.bravery keeper
what
3 pemain membentuk pagar + kiper, posisi kiper di depan penendang dengan posisi shot stopping atau rushing
when
indirect freekick dekat dengan gawang dan direct freekick
summary
+1 pemain dapat menjaga pemain lawan dan atau melancarkan counter-attack
-kiper harus berbadan besar untuk menutup ruang

4.regular wall
2 orang membentuk pagar ditiang dekat menutup ruang tembak, kiper berjaga di tiang jauh,1 orang man mark di tiang jauh, 1 orang di open space untuk counter

0 komentar:

Poskan Komentar

Pelatih

Foto Saya
Berikanlah Kata Terbaik Dalam Hidup

Filosofi


"Jika Kami Menang hari Senin nanti, keesokan hari adalah Selasa. Dan Jika Kami Kalah hari Senin, hari berikutnya juga Selasa" JS


FUTSAL

FUTSAL
Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Kepelatihan

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger